Kamis, 25 April 2013

Untuk Juara, Safrayani Mohon Doa



* Masuk Empat Besar Nasional

Untuk Juara, Safrayani Mohon Doa
Pontianak. Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Pontianak Kota patut berbangga. Soalnya, dalam Lomba Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA), PKK yang diketuai oleh Safrayani berhasil masuk empat besar tingkat nasional. Selangkah lagi mau juara nasional, Safrayani berharap doa dari seluruh Masyarakat Kalbar.
“Tinggal selangkah lagi untuk menjadi juara tingkat nasional. Untuk itu, kami mohon dukungan dan doa seluruh Masyarakat Kalbar. Kita bertekad bisa juara nasional,” harap Safrayani di kediamannya, kemarin (21/4).
Perjuangan Yani-sapaan akrabnya menuju tingkat nasional, bukanlah mudah. Dia bersama seluruh anggota TP PKK Kecamatan Pontianak Kota dan TP PKK Kelurahan Darat Skip bekerja bahu-membahu dan kompak. Bahkan, sampai saat ini, para pengurus terus berjuang.
“Yang jelas juara itu belum di tangan. Pada bulan Mei depan baru dilakukan penilaian. Makanya, saya dan seluruh pengurus PKK terus berjuang sampai impian untuk menjadi juara nasional bisa kita dapatkan,” tekad Yani didampingi sang suami, Junaidi, Camat Pontianak Kota.
Sebelumnya, Yani dengan PKK-nya berhasil meraih juara pertama untuk tingkat Kalbar. Mereka berhasil menyisihkan kelompok PKK dari tingkat kabupaten/kota se Kalbar. Dengan juara tersebut, PKK Pontianak Kota berhasil menjadi wakil Kalbar di tingkat nasional.
Dijelaskan Yani, lomba Pemanfaatan TOGA merupakan upaya dari PKK mengajak masyarakat untuk memanfaatkan tanaman obat keluarga. Maksudnya, masyarakat bisa menggunakan pekarangan rumah untuk menanam tumbuhan yang bisa digunakan untuk obat. Masyarakat Kota Pontianak, khususnya Kecamatan Pontianak Kota sudah lama melakukan hal tersebut. Tidak kurang 180 – an  jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk obat.
“Sebagai contoh, tapak dara itu bisa mengobati diabetes, hipertensi, leukimia, asma, demam, radang perut. Belum lagi kumis kucing bisa mengobati penyakit susah kencing, batu ginjal, kencing manis, sakit pinggang,” ungkap wanita kelahiran Nusapati ini.
Yani melanjutkan, PKK Pontianak Kota sudah banyak melakukan inventarisasi. Salah satunya juga tanaman untuk membuat liangtea. Semua orang Kalbar tahu minuman liangtea, minuman yang tak hanya menyegarkan melainkan juga bisa menurunkan panas dalam.
“Kita akan kembangkan tanaman untuk membuat liangtea. Kebetulan sudah banyak warga Kecamatan Pontianak Kota menanam itu. Bahkan, kita menjadikan liangtea sebagai ikon baru Kecamatan Pontianak Kota,” tekad alumni MAN 1 Pontianak ini.
Tanaman obat keluarga (Toga) sedang gencar disosialisasikan PKK Kecamatan Pontianak Kota. Mereka berharap, masyarakat semakin menyadari bahwa pekarangan rumah merupakan apotek hidup. Kesadaran masyarakat akan obat dari tanaman juga makin tinggi, walau Pontianak agak mudah untuk mendapatkan obat.
“Untuk menuju juara nasional, sekarang kita mempersiapkan diri sebaik mungkin. Kita melakukan inventarisasi tanaman obat dan gencar melakukan sosialisasi pemanfaatan Toga. Mudah-mudahan harapan kita untuk menjadi juara bisa terwujud,” harap Yani lagi.
Prestasi PKK Pontianak Kota tidak hanya tembus di tingkat nasional, sebelumnya mereka berhasil menjuarai beberapa lomba di tingkat Provinsi Kalbar. Diantaranya juara I Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Kemudian, juara I  Posko PKK KB Kesehatan.
Pada Hari Keluarga Nasional lalu, PKK Pontianak Kota berhasil meraih juara I Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera, Juara 1  KB Lestari 20 tahun ke atas, Juara 1 Sup PPKBD. “Tak kurang ada enam juara berhasil kita rebut dalam Harganas itu. Semua prestasi itu berkat dukungan Walikota, ibu Walikota, Camat Pontianak Kota, rekan-rekan di PKK, dan seluruh pihak yang tak bisa saya sebut satu-persatu,” ujar Yani. (+)





1 komentar:

  1. Saya ingin menyampaikan kepada seluruh Tki yang bekerja di negeri orang saya ibu SITI seorang TKI DI ARAB SAUDI pengen pulang ke indo tapi gak ada ongkos sempat saya putus asah apalagi dengan keadaan hamil gaji suami itupun buat makan sedangkan hutang banyak kebetulan suami saya buka-buka facebook mendapatkan nomor aki katanya bisa bantu orang melunasi hutang melalui jalan TOGEL dengan keadaan susah jadi saya coba hubungi aki dan minta angka bocoran THAILAND angka yang di berikan 4D ternyata betul-betul tembus 100% bagi saudarah-saudara di indo mau di luar negri apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah anda hubungi aki wowo di nomor +6285328880180--/-085-328-880-180 silahkan buktikan sendiri aki tidak melayani SMS demi allah saya sudah membuktikan. untuk info lebih jelas Klik: KLIK DI SINI

    BalasHapus